SMP KHZ MUSTHAFA SUKAMANAH

Kamis, 08 Maret 2012

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN
SMP KHZ.MUSTHAFA SUKAMANAH KECAMATAN SUKARAME KABUPATEN TASIKMALAYA
           
SMP K.H.Z.Musthafa Sukamanah berasal dari SMP AL ISHLAH yang didirikan oleh Al Magfurlah K.H.Wahab Muhsin dkk, SMP KHZ.Musthafa didirikan yg pertama kali  oleh Yayasan  K.H.Zainal Musthafa pada tahun 1959 dengan tujuan untuk melanjutkan cita-cita dan perjuangan Pahlawan Nasional K.H.Zainal Musthafa khususnya di bidang pendidikan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan amat yang tercantum dalam UUD 1945.

 Pad
a tahun 1966  berubah nama menjadi PGA 4  tahun K.H.Z.Musthafa, tahun 1967 berubah status menjadi sekolah Negeri yaitu PGA Negeri  4  tahun K.H.Z.Musthafa,  tahun 1968 berubah  menjadi PGA Negeri 6  tahun K.H.Z.Musthafa, kemudian  tahun 1971 berubah lagi menjadi PGA Negeri 6  tahun Sukamanah.

          Pada tahun  pelajaran 1980/1981 PGAN 6  tahun dipecah menjadi MTsN dan PGAN Sukamanah dan  dari tahun  pelajaran 1991/1992 PGAN berubah nama menjadi MAN Sukamanah sampai sekarang. Didirikan  MTsN dan MAN di Sukamanah oleh Pemerintah sebagai penghargaan Pemerintah kepada Pahlawan Nasional K.H.Z.Musthafa dan asal mulanya dari sekolah  yg didirikan oleh Yayasan K.H.Zainal Musthafa.  Walaupun MTsN dan MAN Sukamanah Sekolah Negeri secara historis  tetap ada hubungannya dengan Yayasan K.H.Zainal Musthafa.

          Pada tahun 1977 Yayasan  K.H.Zainal Musthafa  mendirikan lagi SMP K.H.Z.Musthafa Sukamanah dengan SK.Knwil Depdikbud Propinsi Jawa Barat Nomor : 069.004.Kep.77 tanggal 4 Juni 1977. SMP K.H.Z..Musthafa terletak di Jl.Pesantren K.H.Z.Musthafa Sukamanah Desa Sukarapih Kecamatan Sukarame Kabupaten Tasikmalaya Propinsi Jawa Barat di atas tanah Yayasan K.H.Zainal Musthafa Sukamanah seluas : 3.610  M2

           Kepala Sekolah sebelum saya, yaitu: Bpk. H.Utang Affandi, H. Iding, BA, Bpk.H.Toni Latif, Bpk. Drs. Toto Mustofa kemudian Saya ( Acep Wahid, S.Ag ) diangkat menjadi Kepala SMP K.H.Z.Musthafa Oleh Yayasan dari bulan Desember  1998 dan diangkat menjadi Kepala Sekolah PNS oleh Pemerintah dari bulan Desember  2000 sampai sekarang.  

            Pada tahun  pelajaran 1999/2000 SMP K.H.Z.Musthafa baru memiliki 3 Ruang Kelas sedangkan jumlah rombongan belajar ada 5 kelas dengan jumlah siswa 186 orang sehingga yang 1 Ruang meminjam tempat di Pesantren Perguruan K.H.Z.Musthafa Sukamanah dan yang 1 Ruang lagi di Ruang SMA KHZ.Musthafa dan kegiatan belajar mengajar dilaksanakan pada pagi hari yang pada tahun sebelumnya dilaksanakan pada siang hari,  kemudian pada  tahun  pelajaran 2000/2001 kami mengusulkan ke Pemerintah untuk mendapatkan bantuan Ruang Kelas Baru,  Alhamdulillah pada tahun pelajaran 2000/2001  mendapat bantuan Pemerintah sebanyak 3 Ruang Kelas Baru.   kemudian sejak itu hampir tiap tahun mendapat bantuan Ruang Kelas Baru (RKB) atau Ruang Penunjang Lain ( RPL ) dari Pemerintah yang sampai sekarang jumlah bantuan RKB/RPL dari Pemerintah sebayak 13 Ruang ditambah 3 Ruang dari Yayasan sehingga jumlah seluruhnya ada 16 Ruangan.

        Sarana prasarana cukup lengkap. antara lain : Ruang Kantor 1 R,  Ruang Guru 1 R, Ruang.Lab Komputer/Internet 1 R ,  Ruang Lab IPA 1 R, Ruang Perpustakaan 1 R,  Ruang Kesenian/Keterampilan 1 R, Ruang Belajar  10 R ,  Ruang OSIS/Pramuka, Mushola, dan lapang Olah Raga.

         Jumlah Guru ada 23 orang terdiri dari Guru PNS 7 Orang dan GTY/Honorer 16 orang, Stap TU 5 Orang, Satpam 1 orang dan Pesuruh 1 orang.  Jumlah siswa 354 orang.
               
          Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum Nasional Depdiknas, untuk Pendidikan Agama  ditambah dengan mulok khusus: Al-Quran, Akidah Akhlak, dan B.Arab. Kegiatan Ektra Kurikuler ; Pramuka, PMR, Olah Raga, Seni Musik, Seni Teater dan Seni Bela Diri   yang pelaksanaannya setiap hari Sabtu mulai jam 10.00 sampai jam 12.30. –

            Pelaksanaan pendidikan di SMP K.H.Z.Musthafa::  terintegrasi atau merupakan satu kesatuan yang utuh dengan Pesantren Perguruan K.H.Z.Musthafa Sukamanah dan Pesantren Perguruan K.HZ.Musthafa Sukahideng.

           Prestasi yang dicapai: pernah mendapat Rangking ke 2 hasil EBTANAS/UN tk Rayon 3 kab, Rangking 5 Lomba MIPA tk Kab. Juara MTQ ke 1 tk kecamatan, Juara MTQ 2 tk.kab. masuk tim Volly Ball Putri kab dalam lomba sePriangan Timur,  masuk tim Sepak Bola kab dalam lomba se-Pringan Timur, Juara 1 Atlit Putra Tk.Kabupaten. Lomba-lomba di Pesantren Perguruan K.H.Z.Musthafa dan pada peringatan Perjuangan Pahlawan Nasional K.H.Z.Musthafa : Juara 1 lomba Pidato, Juara 1 membaca dan melogat kitab Fiqih, Juara 2 membaca dan melogat Kitab Aqoid, Juara 3 Takhfid Al-Qur’an,  Juara 3 Cerdas Cermat dlsb.

           Penghargaan kepada siswa yang berprestasi antara lain bagi juara umum  diberikan bea siswa dengan dibebaskan dari iuran Komputer/Internet selama 1 tahun juga diusulkan ke Pemerintah untuk mendapatkan bea siswa prestasi bakat.

          Lulusan SMP K.H.Z.Musthafa dapat melanjutkan dan dapat diterima di SMA/SMK/MA Negeri maupun Swasta, di SLTA Negeri ada beberapa siswa yang masuk kelas unggulan bahkan ada beberapa alumni SMP K.H.Z.Musthafa yang setelah lulus dari SMA/MA/SMK  dapat melanjutkan ke Universitas Al-Azhar di Mesir.

           Alumni SMP K.H.Z.Musthafa yang setelah lulus dari SLTA/Perguruan Tinggi / Universitas banyak yang sudah bekerja menjadi guru PNS, TNI, POLRI,para pejabat Pemerintah, anggota DPR, dan ada yang  bekerja di Perusahaan-Perusahaan dlsb.

Visi dan Misi SMP KHZ.Musthafa Sukamanah :
 
Visi  :
 “ Dengan dilandasi    iman dan taqwa , mewujudkan peserta didik yang berwawasan iptek, berinovatif, disiplin, demokratis, dinamis, berakhlak, mulia, antusias, normatif,  kreatif, dan unggul dalam prestasi ”.         ( IDAMAN ).
 
Misi :
1.    Mendidik siswa yang beriman, bertaqwa kepada Allah yang Maha Esa berilmu 
       pengetahuan dan teknologi serta berakhlakul mahmudah.
2.    Menanamkan disiplin dan menjunjung tinggi norma – norma yang berlaku.
3.    Menanamkan semangat demokratis dan patriotis dalam hidup bermasyarakat, 
       berbangsa dan bernegara.
4.    Memiliki daya fikir yang inovatif, dinamis , antusias dan kreatif  
       dalam kegiatan pendidikan.  
5.    Mengembangkan minat, bakat dan keterampilan dalam rangka persiapan 
       untuk dapat hidup secara mandiri.
6.    Menciptakan suasana yang kondusif dan melaksanakan 7 K ( Keamanan, Ketertiban, 
       Kebersihan, kekeluargaan, kebersamaan,  keharmonisan dan Keindahan ).
7.    Menjadikan sekolah yang unggul dalam prestasi dibidang akademik dan non akademik
 
SMP K.H.Z.Musthafa terakreditasi “ B “

Tidak ada komentar:

Posting Komentar